kenali tumbuhan penyebab dermatitis


Dermatitis kontak alergi adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan ruam gatal dan menangis yang terlokalisir di area yang kontak dengan pemicu alergi (alergen). Biasanya berkembang dua hari atau lebih setelah kontak dengan alergen. Itu berlangsung selama kontak berlanjut dan untuk waktu yang singkat sesudahnya, biasanya satu sampai dua minggu.

Gejala dermatitis

Dermatitis kontak dapat menyebabkan kulit menjadi merah, meradang (teriritasi), lepuh, kering, menebal dan pecah-pecah .

Gejala-gejala ini dapat berkembang pada area tubuh mana saja, meskipun tangan dan wajah paling sering terkena.

Gejala yang disebabkan oleh iritasi biasanya muncul dalam waktu 48 jam, atau bahkan segera. Iritasi yang lebih ringan (seperti sabun dan deterjen) mungkin tidak menyebabkan masalah dengan segera - Anda mungkin perlu sering terkena ini sebelum mereka menyebabkan masalah.

Gejala yang disebabkan oleh alergen, seperti make-up atau perhiasan logam, seringkali membutuhkan beberapa hari untuk berkembang.

Jika Anda dapat menghindari paparan ulang pada zat yang bertanggung jawab atas reaksi, kulit Anda biasanya akan cerah dalam beberapa hari atau minggu.

Namun menurut Artria, beberapa orang mengalami gejala yang parah dan tahan lama, yang dapat memengaruhi kualitas hidup mereka.

Gejala tambahan

Tergantung pada zat yang menyebabkan reaksi, Anda mungkin juga mengalami beberapa gejala tambahan.

Sebagai contoh, alergen dapat menyebabkan area kulit yang terkena gatal dan iritasi dapat menyebabkan sensasi terbakar atau menyengat.

Kadang-kadang, area kulit yang terkena dermatitis kontak dapat terinfeksi. Tanda-tanda infeksi dapat meliputi:

  • gejala yang ada semakin cepat memburuk
  • keluar dari kulit Anda
  • meningkatkan rasa sakit
  • Perasaan umumnya tidak sehat
  • memiliki suhu tinggi (demam)

Cari saran medis segera jika Anda berpikir kulit Anda mungkin telah terinfeksi, karena Anda mungkin perlu minum antibiotik .

Logam nikel adalah penyebab paling umum dari dermatitis kontak alergi

Sekitar 8% populasi alergi terhadap nikel, dan prevalensinya lebih tinggi di antara perempuan daripada laki-laki. Nikel dapat ditemukan dalam logam perhiasan imitasi, tali arloji, klip bra, dan jins. Telinga sering terpengaruh oleh pemakaian anting-anting non-emas. Endapan yang biasa adalah menusuk telinga. Dua hari setelah kontak dengan logam, ruam gatal berkembang yang dapat melepuh dan menangis. Ruam ini akan berlanjut selama beberapa hari atau lebih lama, jika kontak lebih lanjut dengan logam berlanjut.

Tanaman juga dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi

Beberapa tanaman dapat memicu dermatitis kontak alergi. Ruam sering muncul pada area tubuh yang terbuka setelah oudoor. Ruam alergi dapat dipicu oleh kontak langsung dengan tanaman, atau kombinasi sinar matahari ditambah kontak, yang disebut "dermatitis kontak foto". Contoh tanaman di Australia yang dapat menyebabkan dermatitis kontak adalah krisan, primula, tanaman tomat, grevillea, ivy Inggris dan kadang-kadang pohon rhus. Lantana atau sayuran seperti parsnip atau seledri dapat menyebabkan dermatitis kontak-foto.

Penyebab lain termasuk bahan kimia, krim dan salep

Penyebab umum lain dari dermatitis kontak alergi termasuk bahan kimia dalam karet, kulit dan pewarna. Dermatitis kontak pada sepatu sering terjadi, dan salah satu dari bahan kimia ini bisa menjadi penyebabnya. Krim dan salep yang digunakan pada kulit juga dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi.

Penyebabnya mungkin bahan dasar (seperti lanolin), atau agen aktif (seperti neomisin, antibiotik). Pertama kali krim atau salep diterapkan, ruam umumnya tidak akan muncul selama 10 hingga 14 hari. Jika diterapkan lagi, biasanya hanya perlu dua hari untuk berkembang. Parfum, baik sendiri-sendiri, atau dalam kosmetik, juga dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi. Bahkan tabir surya dapat menyebabkan masalah.

Uji tempel dapat mengidentifikasi penyebab dermatitis kontak alergi

Ada banyak penyebab dermatitis kontak alergi, terutama di mana individu bekerja di industri dan kontak dengan bahan kimia. Jika penyebab dermatitis kontak alergi tidak jelas, pengujian tambalan dapat membantu. Ini biasanya dilakukan oleh spesialis medis (dokter spesialis kulit atau spesialis imunologi / alergi klinis), dan melibatkan menempatkan sampel bahan di bagian belakang, dan melihat apakah reaksi terjadi setelah beberapa hari. Meskipun tidak selalu mudah untuk menemukan penyebab alergi kontak, pengujian tempelan intensif biasanya memberikan jawaban.

Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga:



Subscribe to receive free email updates: